Semakin hari kebutuhan akan manajemen
jaringan semakin beragam. Hal ini tidak lepas dari semakin beragam nya pula
layanan internet yang ada. Dari mulai portal berita, forum, sosial media serta
game online yang saat ini banyak digemari pengguna internet.
Sebagai penyedia layanan akses internet, tentu kita ingin memberikan layanan terbaik sehingga semua kebutuhan pengguna internet dapat diakomodasi dan dapat menjalankan aktifitas browsing, chating maupun bermain game online dengan nyaman.
Sebagai penyedia layanan akses internet, tentu kita ingin memberikan layanan terbaik sehingga semua kebutuhan pengguna internet dapat diakomodasi dan dapat menjalankan aktifitas browsing, chating maupun bermain game online dengan nyaman.
Problem yang biasa terjadi adalah ketika 2
atau lebih akses yang berbeda, seperti browsing dan game online terjadi pada
satu jaringan yang sama, antara keduanya dapat saling menganggu.
Misalnya, pada warnet atau wargame (warnet
dan game online) ketika banyak yang bermain game online, traffic browsing akan
terganggu. Atau bisa juga terjadi sebaliknya. Yang dimaksud game online disini
adalah game yang sudah terinstall di PC, kemudian dimainkan secara online,
bukan game yang disediakan oleh website-website tertentu.
Pada artikel ini, akan diulas bagaimana
cara memisahkan dan melakukan manajemen yang berbeda untuk traffic browsing dan
game online.
Mangle
Traffic browsing dan game online dapat
dibedakan berdasarkan protocol dan port yang digunakan. Fitur yang dapat
digunakan untuk kebutuhan tersebut adalah mangle, dimana mangle dapat digunakan
untuk menandai (marking) paket data berdasarkan port, protocol, src dan dst
address, serta paramater lain yang dibutuhkan.
Untuk kasus ini, berarti kita harus
mengetahui protocol dan port berapa yang digunakan oleh game online untuk
menjalankan fungsi nya. Ada 2 cara untuk mendapatkan informasi tersebut.
Pertama, dengan melakukan Torch pada saat client menjalankan game tersebut.
Sehingga akan didapat port dan protocol yang digunakan.
Disamping itu, kita bisa mencari referensi
lain dari internet, dimana sudah banyak yang berhasil mengetahui port dan
protocol yang digunakan oleh setiap game online yang ada. Tentu setiap game
menggunakan port dan protocol yang berbeda.
Jika dilihat sebenarnya tipe traffic yang
akan di-manage bisa digolongkan menjadi 2 tipe saja, yaitu traffic game online
dan traffic selain game online (browsing,chating,dsb). Maka kita bisa membuat
mangle untuk game online terlebih dahulu, baru setelahnya buat untuk selain
game online berdasarkan port dan protocol yang sudah di dapat sebelumnya.
Mangle Game Online
Untuk pembuatan mangle game, karena cukup
banyak game-game yang akan di-mangle, akan lebih mudah jika dibuat
mark-connection semua game terlebih dahulu dengan marking yang sama.
Langkah di atas merupakan salah satu
contoh melakukan mar-connection dengan game yang menggunakan protocol tcp port
36567,8001 . Untuk game lakukan dengan langkah yang sama, sesuaikan protocol
dan port yang digunakan.
Setelah langkah mark-connection selesai, barulah dibuat mark-packet
berdasar mark-connection=Koneksi-Game yang sebelumnya telah dibuat
Mangle Selain Game Online
Pada langkah sebelumnya telah dibuat mangle untuk game. Selanjutnya
tinggal dibuat mangle untuk traffic selain game online. Di dalam nya bisa
terdapat traffic browsing,chating,dsb.
Sama dengan langkah marking pada traffic
game, buat mark-packet setelah langkah mark-connection selesai.
Hasil akhir dari konfigurasi
mangle seperti berikut
Manajemen bandwidth
Pada artikel ini akan digunakan Queue tree
untuk melakukan manajemen bandwidth berdasarkan mangle mark-packet yang sudah
dibuat sebelumnya. Sebagai asumsi, bandwidth total yang dimiliki dedicated
1Mbps
Langkah pertama, definisikan terlebih
dahulu total bandwidth yang ada, baik untuk upload maupun download.
Selanjutnya, buat queue untuk traffic
browsing dan game berdasarkan mark-packet yang sudah dibuat sebelumnya. Pada
contoh ini menggunakan model HTB dengan bandwidth minimal (limit-at)=512k dan
max-limit=1Mbps.
Lakukan juga untuk traffic browsing upload
dan game upload
Test
Dengan menggunakan model HTB, antar
traffic browsing dengan game sudah memiliki bandwidth garansi masing-masing,
sehingga jika keduanya berjalan bersamaan tidak akan saling mengganggu.
Selamat Mencoba,,,Sumber dari Mikrotik Indonesia.
tes
BalasHapus